108 siswa SMP Swasta Ikuti Try Out Prestasi

108 siswa SMP Swasta Ikuti Try Out Prestasi

108 siswa SMP Swasta Ikuti Try Out Prestasi

Oleh Root Administrator | Kategori General | 21 Februari 2018 04:27:04

DISDIKBUD– Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Swasta Kabupaten Situbondo melaksanakan try out prestasi, 20 Februari 2018. Sebanyak 108 siswa yang mengikuti kegiatan rutin tahunan yang diprakarsai kelompok kerja kepada sekolah SMP swasta itu.

Ketua MKKS SMP Swasta, Badri M,Pd menerangkan, 108 siswa itu delegasi dari 36 lembaga SMP Swasta se Kabupaten Situbondo. Peserta try out prestasi itu adalah siswa kelas IX yang berprestasi di sekolahnya masing-masing. Seperti biasa, hasil jawaban siswa dinilai. Peserta dengan nilai tertinggi mendapatkan penghargaan.

Badri menerangkan, try out prestasi digelar dalam dua tahap. Pertama, dilaksanakan di sekolah masing-masing. “Tahap kedua dilaksanakan secara online, seperti yang diselenggarakan saat ini. Kita bekerjasama dengan LBB Airlangga,” ujarnya.

Ada empat mata pelajaran try out prestasi. Itu merupakan mata pelajaran Ujian Nasional. Di antaranya, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Badri menerangkan, try out prestasi digelar untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). “Juga untuk meningkatkan sportifitas dan jiwa berkompetisi positif siswa,” terangnya.

Tujuan lain, untuk menjaring siswa berprestasi, serta menumbuhkembangkan potensi siswa dalam bidang Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA. “Tentu juga, untuk menjalin kerjasama antara SMP Swasta se Kabupaten Situbondo,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kabupaten Situbondo, Fathor Rakhman mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan MKKS SMP Swasta itu. Dia menerangkan, ini sebagai komitmen para kepala sekolah SMP Swasta dalam mencari bibit-bibit berprestasi.

Kata dia, try out prestasi untuk melatih kompetensi siswa. Selain itu, kegiatan tersebut sangat bagus dalam rangka membangun integritas peserta didik. “Integritas yang saya maksu, siswa memperoleh prestasi dengan kejujuran,” ujarnya.

Fathor menambahkan, hasil dari try out tersebut menggambarkan kompetensi siswa. Sebab, hasil jawaban murni kemampuan siswa. “Karena ujian yang diselenggarakan menggunakan media komputer,” katanya.

Sementara itu, juara I diraih Priscilla Devina Fandijono, Juara II Nicholas Adrian Fahendra, Juara III Kevin Yudianto Lie. Semuanya siswa SMP Kristen Imanuel. Untuk harapan I diraih Bariza Arfadillah Abgari (SMP Muhammadiyah 1 Panji), Harapan II Christalya Lovely Setiadarma (SMP Katholik Santo Elias), Harapan III Hidayatullah (SMP Ibrahimy 2 Sukorejo).

Mereka mendapatkan piala, sertifikat dan uang pembinaan. Juara I mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp.400 ribu, Juara II Rp.350 ribu, juara III Rp.300 ribu. Sedangkan juara harapan I meraih Rp.250 ribu, harapan II Rp.200 ribu, dan harapan III Rp.150 ribu. (*)