Diklat Persiapan Akreditasi Lembaga-Lembaga PAUD

Diklat Persiapan Akreditasi Lembaga-Lembaga PAUD

Diklat Persiapan Akreditasi Lembaga-Lembaga PAUD

Oleh Root Administrator | Kategori Bid. Pembinaan Paud dan Dikmas | 24 Februari 2018 04:28:33

DISDIKBUD– Standarisasi bagi lembaga PAUD sangat penting. Dengan memenuhi standarisasi, akan memberikan kenyamanan bagi peserta didiknya. Misalnya memiliki halaman, ruang, dan tempat bermain.

               Pernyataan itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Situbondo, Fathor Rakhman saat membuka acara pendidikan dan pelatihan peningkatan kompetensi bagi para pengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Situbondo, 20 Februari 2018.

        Fathor menerangkan, tempat bermain bagi lembaga Paud menjadi salah satu standarisasi akreditasi yang sangat penting. Sebab, anak-anak usia PAUD sangat membutuhkan tempat bermain. “Mereka pasti banyak bermain,” katanya.

        Selain tu, sanitasi, kamar mandi siswa ruang kelas yang memadai harus terpenuhi. Termasuk sarana dan prasana pendukung kelancaran proses belajar mengajar di kelas. Seperti meja dan kursi siswa.

        “Itu semua harus terkelola dengan bagus. Termasuk gurunya. Apakah memiliki kualifikasi kompetensi sesuai dengan yang disyaratkan. Agar pengelola PAUD memahami standarisasi, maka dilaksanakan pendidikan dan pelatihan kompetensi,” katanya.

        Fathor menambahkan, akreditasi merupakan penilaian standar yang dilakukan oleh badan akreditasi lembaga paud melalui Balai Pengembangan (BP) PAUD Provinsi Jatim. Fathor berharap, seluruh PAUD di Situbondo terkareditasi.

        Kadisdikbud mengaku, pendidikan dan pelatihan peningkatan kompetensi bagi Kepala PAUD diikuti  lembaga yang akan diakreditasi atau sedang persiapan akreditasi. “Sehingga pembenahan dan perbaikan semua hal terkait dengan persiapan akreditasi bisa dilakukan lembaga tersebut,” pungkasnya.

               Kegiatan pendidikan dan pelatihan peningkatan kompetensi bagi para pengelola PAUD dilaksanakan oleh Kelompok Kerja AkreditasI PAUD dan PNF. Acara yang digelar selama beberapa hari ini untuk persiapan akreditasi lembaga-lembaga PAUD di Kota Santri.

        Pesertanya ADALAH semua bagian-bagaian PAUD. Seperti Kelompok Bermanin (KB), Taman Panitipan Anak (TPA) Satuan Paud Senjenis (SPS), Paud berbasis Keluarga (PBK), serta Raudatul Atfal (RA). Seluruh bagian PAUD MEMANG diharapkan harus memiliki standarisasi dalam pelayanan pendidikan anak usia dini.

          Pemateri untuk kegiatan ini merupakan asesor dari lembaga yang memang sudah ditunjuk oleh pemerintah. Yakni dari BP PAUD-NI (Non Formal-Informal)  Provinsi Jawa Timur.  (*)