Pembangunan Lewat e-Raport Perlu Terus Dilakukan

Pembangunan Lewat e-Raport Perlu Terus Dilakukan

Pembangunan Lewat e-Raport Perlu Terus Dilakukan

Oleh Root Administrator | Kategori General | 22 Februari 2018 04:27:51

DISDIKBUD– Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Negeri Kabupaten Situbondo mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis e-Raport (Rapor elektronik), 21 Februari 2018. Kegiatan itu diikuti 280 orang peserta.

             Ketua MKKS SMP Negeri Kabupaten Situbondo, Muhammad Arif menerangkan, peserta kegiatan adalah kepala SMP negeri dan swasta. Mereka adalah kepala sekolah, wakasek, operator sekolah.

             Arif menyampaikan, kegiatan bimtek e-Rapor ini sangat penting. Sebab, pada tahun pelajaran 2018/2019, setiap sekolah jenjang SMP harus sudah mengimplementasikan program pengelolaan

nilai rapor secara elektronik. “Ini yang akan dapat diakses oleh publik, terutama orang tua siswa melalui internet,” katanya.

             Menurut Arif, dengan bimtek, para kepala sekolah dan guru lebih memahami pengelolaan hasil penilaian siswa dengan menggunakan teknologi IT. Dia menambahkan, dengan menerapkan e-Rapor akan diperoleh penilaian yang lebih obyektif dan transparan. “Pada akhirnya, secara

bertahap akan terwujud integritas atau kejujuran di kalangan

siswa,” ujarnya.

             Itu juga untuk menindaklanjuti program Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam peningkatan mutu dan layanan pendidikan. Terutama di bidang pengelolaan hasil penilaian oleh pendidik dan satuan

pendidikan SMP melalui Aplikasi e-raport SMP yang terkoneksi dengan Dapodik.

             Sementara itu, narasumber yang didatangkan, Dr. Kusno Hadi dari Widyaiswara LPMP Jawa

Timur. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Situbondo, Fathor Rakhman mengatakan, pembuatan raport elekrtonik itu patut didukung.

             “Kami dari dinas wajib membuat tambahan program yang menguatkan kegiatan ini. Sehingga, pembangunan lewat e-raport rerus bisa dilakukan secara merata khusunya di SMP,” katanya.

          E-Raport mudah diakses oleh siapa saja. Baik orang tuua siswa dan masyarakat. Masyarakat mendapatkan kecepatan informasi nilai yang diperolh siswa. e Raport menjadi tolak ukur kompetensi yang dicapai siswa dengan kejujuran,” pungkasnya. (*)