Perlu Persiapan untuk Hadapi Try Out

Perlu Persiapan untuk Hadapi Try Out

Perlu Persiapan untuk Hadapi Try Out

Oleh Root Administrator | Kategori General | 28 Maret 2018 04:33:39

DISDIKBUD- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud), Dr Fathor Rakhman, Selasa, 27 Maret 2018 meninjau pelaksanaan try out di sejumlah SMP Negeri. Kata dia, dalam menghadapi ujian nasional berbasis komputer (UNBK) sangat diperlukan adanya persiapan yang matang. Melaksanakan try out adalah salah satunya.

Dia berharap, hasil try out dapat menjadi bahan evaluasi bagi para siswa.”Tentu ini tidak hanya berlaku bagi siswa saja. Melainkan, para guru juga harus mulai mempersiapkan diri,” ungkapnya, kemarin.

          Dia menegaskan, pelaksanaan try out masih tetap perlu dilakukan terhadap siswa yang akan melaksanakan ujian nasional. Dengan cara memanfaatkan komputer sebagai sarana ujian, maka perlu adanya kesiapan-kesiapan yang harus ditumbuh kembangkan. Tidak hanya kesiapan siswa, tapi juga guru.

“Karena jika hasil ujian tidak mencapai standar yang diharapkan, ini kan refleksinya tidak hanya kepada siswa saja. Melainkan guru juga harus memperbaiki materi-materi ajar yang telah disampaikan,” ungkapnya.

          Menurut Fathor, untuk try out kali ini, dirinya masih memberi kesempatan beberapa sekolah untuk melakukan ujian nasional berbasis kertas. “Untuk sementara, tidak masalah menggunakan kertas. Namun ke depan, pemanfaatan tekhnologi sudah mutlak dibutuhkan,” imbuhnya.

Dia menerangkan, tujuan dari mekanisme ujian nasional sebenarnya sederhana. Yakni, mendidik kejujuran kepada siswa.  “Baik menggunakan kertas maupun komputer, sama saja. Tujuannya untuk menguatkan nilai-nilai kejujuran. Sebab, selama ini masih banyak isu-isu seperti halnya tim sukses dalam ujian nasional. Selain itu juga ada isu pengkondisian siswa agar dapat meraih capaian yang bagus,” paparnya.

          Karenanya, Fathor berharap agar pelaksanaan try out tersebut dilakukan seobjektif mungkin. “Hasil dari try out ini dapat dijadiikan evaluasi pada setiap mata pelajaran. Meskipun mungkin hasilnya tidak di tulis di raport. Namun hal tersebut bisa dijadikan langkah-langkah perbaikan kepada siswa tiga tahun mendatang. Yakni, ketika pelaksanaan ujian nasional dilakukan oleh adik kelas di bawahnya,” bebernya. (*).