Try Out Persiapan Hadapi UASBN

Try Out Persiapan Hadapi UASBN

Try Out Persiapan Hadapi UASBN

Oleh Root Administrator | Kategori General | 28 Maret 2018 00:00:00

DISDIKBUD – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kabupaten Situbondo mulai Senin, 26 Maret 2018 menggelar try out tingkat SD. Siswa yang mengikuti uji coba ujian itu sebanyak 8.106 peserta.

          Try out dilaksanakan selama tiga hari, yaitu sampai Rabu 28 Maret 2018. Pada hari pertama, mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia. Kemudian pada Selasa (27/03), Mapel Matematika. Mapel terakhir yang diuji adalah pelajaran IPA.

Kadisdikbud Kabupaten Situbondo, Fathor Rakhman menerangkan, dari soal yang disajikan, terdiri dari soal isian dan pilihan ganda. “Sepuluh persennya berupa isian, dan 90 persennya pilihan ganda,” katanya.

          Fathor Rakhman menambahkan, try out merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Ini sebagai persiapan siswa menghadapi Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN). “Try out sangat penting karena soal-soalnya tidak akan jauh beda dengan UASBN,” katanya.

Soal-soal try out dibuat berdasarkan kisi-kisi UASBN. Sehingga, tidak akan terlalu jauh berbeda dengan soal yang akan dihadapi siswa saat ujian yang sebenarnya. “Ini sebagai latihan mengerjakan soal-soal sebelum UASBN dilaksanakan nanti,” imbuh Kadisdikbud.

Jika hasil try out yang diperoleh siswa tidak memuaskan, maka akan menjadi pendorong untuk terus belajar. Sebaliknya, jika nilai yang diperoleh siswa memuaskan, siswa tinggal memparbaiki titik-titik kelemahannya.

Kata Kadisdikbud, try out sebenarnya tidak hanya bermanfaat bagi siswa. Akan tetapi berguna bagi guru mata pelajaran, kepala sekolah, maupun wali murid. “Karena menjadi bahan evaluasi bagi sekolah secara umum,” jelasnya.

          Kata dia, dari hasil yang diperoleh siswa, menjadi pertimbangan bagi guru untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran berikutnya. “Bagian yang mana mata pelajaran yang perlu dikaji ulang dan diberikan latihan lebih banyak, bisa dipetakan” terangnya.

Fathor berharap, hasil try out siswa benar-benar akurat. Sehingga akan memudahkan pihak-pihak terkait dalam mengambil sikap dan langkah selanjutnya dalam mempersiapkan UASBN. (*)