400 Guru Ikuti Workshop Disdikbud

400 Guru Ikuti Workshop Disdikbud

400 Guru Ikuti Workshop Disdikbud

Oleh Root Administrator | Kategori Bid. Pemb. Pendidik dan Tenaga Kependidikan | 10 Oktober 2018 04:44:50

DISDIKBUD- Sebanyak 400 guru kelas rendah dari 17 Kecamatan se-Kabupaten Situbondo mengikuti work shop ‘Guru Pembelajar SD dengan Nilai di bawah Standar UKG’, 10 Oktober 2018. Dengan kegiatan ini, diharapkan para guru yang nilai uji kompetensi guru (UKG)-nya masih berada di bawah standart, akan segera terangkat. Tahun 2018 ini nilai minimal kompetensi guru adalah 7,5.

                Kabid Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Nur Hidayat mengatakan, guru-guru yang ikut dalam workshop adalah mereka yang nilai kompetensinya berada di bawah 7,5. “Materi dari workshop ini terkait pembelajaran  dan pelatihan terhadap guru. Dengan harapan, setelah mengikuti ini, nilainya akan naik sehingga mencapai 7,5,” ucapnya.

                Bahkan, kata Nur Hidayat, terdapat sejumlah guru yang sudah bertahun-tahun nilainya tidak mencapai standart minimal. Diharapkan, setalah ikut workshop UKG, mereka bisa memperbaiki nilainya.

“Ada yang bahkan hingga empat sampai lima tahun tidak lulus. Mereka semua ikut UKG. Sebab dari tahun ke tahun materi uji kompetensi semakin sulit. Bahkan tahun 2019, UKG standart minimalnya sudah mencapai angka delapan,” imbuh mantan Kabid Kebudayaan itu.

Paling tidak, kata Nur Hidayat, ketika pengaplikasian di sekolah, guru kelas rendah mampu mengajar sesuai tupoksinya. “Jika sudah ikut UKG, berarti kan kompetensinya sudah ditambah. Maka mereka harus lebih baik,” ucapnya.

Dalam pelaksanaan workshop tersebut, ada beberapa random acara. Pertama, pelaksanaa pre test. Selanjutnya sesi materi dari narasumber. “Hari pertama kegiatan memang di dalam. Baru hari kedua di luar berkumpul bersama di kelompok kerja masing-masing,” imbuh Nur Hidayat.

Selanjutnya, hasil dari proses pelatihan tersebut dikumpulkan di post tes. “Itu nanti kan di test secara online. Kalau sudah waktu ujian online tiba, diharapkan mereka bisa mencapai nilai 7,5,” paparnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dr Fathor Rakhman mengatakan, para guru diharapkan memiliki kompetensi nilai pedagogik, sosial, kompetensi akademik dan kepribadian yang baik. Sebab itu merupakan kompetensi dasar seorang guru.  (*)