Adakan Workshop Paper Games Dengan Melibatkan 350 Guru

Adakan Workshop Paper Games Dengan Melibatkan 350 Guru

Adakan Workshop Paper Games Dengan Melibatkan 350 Guru

Oleh Root Administrator | Kategori Bid. Pembinaan Paud dan Dikmas | 28 Januari 2019 02:11:14

Kiprah Ikatan Guru Taman Kanak Kanak Indonesia (IGTKI) Cabang Situbondo tak pernah berhenti melakukan terobosan bagi peningkatan kualitas pendidikan guru yang ada di Kota Santri Situbondo. Satu diantaranya yang terbaru adalah menggelar workshop paper games (pembuatan permainan dari kertas) dengan melibatkan 350 guru TK yang ada di Situbondo. Langkah ini sebagai wujud meningkatkan kreatifitas dalam pembuatan APE (alat peraga edukatif) anak usia dini bagi guru TK se-Kabupaten Situbondo.

Ketua IGTKI Kabupaten Situbondo, Upi Tisiana SPd, mengatakan, kegiatan workshop paper games ini diadakan karena proses didalamnya berjalan dengan seru diantara semua guru TK. Selain itu, sambung Kepala TK Al Amin Peduli Situbondo itu, kegiatan pembuatan paper games terasa tidak membosankan dan menimbulkan banyak kesan yang positif. “Ini belajarnya tidak bikin peserta mengantuk. Semoga kegiatan yang sama ini bisa diadakan kembali pada waktu waktu mendatang,” harap Upi Tisiana yang diamini Siti Fatimah, guru TK Miftahul Ulum Besuki Situbondo.

Masih kata Upi Tisiana, sebagai Ketua IGTKI ia bersama pengurus yang lain sudah memiliki beberapa rangkaian kegiatan setiap tahun masa kerja. Intinya, sambung Upi Tisiana, setiap kegiatan yang diadakan, pondasinya untuk peningkatan kualitas pendidikan di Situbondo serta untuk meningkatkan kompetensi para tenaga pendidik TK se-Situbondo. “Termasuk kegiatan workshop paper games ini muaranya untuk peningkatan kemampuan potensi yang dimiliki guru bisa terangkat ke publik,” ucap Upi Tisiana.

Dwi Laili Nuzul Meilinda, salah satu guru TK asal Ma’rojul Ihtida’ Situbondo menandaskan, ia sangat mengapresiasi kegiatan workshop yang digagas IGTKI Kabupaten Situbondo. Ini karena, ujar Dwi Laili, materi paper games yang diberikan dalam workshop memiliki manfaat besar untuk pembelajaran di sekaolah TK. “Saya sangat terkesan dengan kegiatan ini karena penyampaian materinya sangat menarik dan sangat menyenangkan,” pungkas guru yang dikenal luwes dalam mengajar itu.

Disisi lain, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kabupaten Situbondo, Dr Fathor Rakhman MPd, menimpali, kegiatan workshop dengan tema utama pembuatan alat permainan dari kertas memiliki multifungsi bagi tenaga pendidik maupun anak didik TK. Terutama, lanjut mantan Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Situbondo itu, dalam kegiatan ini banyak menanamkan kebersamaan dalam penyelesaian sebuah tugas pengajaran. “Ini (workshop paper games, red) sangat positif untuk terus disinambungkan pada kegiatan IGTKI Situbondo di waktu mendatang,” pinta mantan Staf Ahli Bupati itu.

 

Paper Games Menyenangkan dan Meningkatkan Kreatifitas Anak

IGTKI Kabupaten Situbondo dibawah kendali Upi Tisiana dan jajaran pengurus yang lain terus melakukan pembenahan, terutama peningkatan kemampuan kapasitas pembelajaran bagi setiap guru TK yang ada di Situbondo. Upi-panggilan karibnya-sangat piawai dalam memberikan suplai ilmu baru kepada para anggota IGTKI Situbondo dengan mendatangkan pakar dibidangnya. Salah satunya dengan mengadakan seminar atau workshop peningkatan pembelajaran, dengan tema tema terbaru. Langkah ini mendapat dukungan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo yang kini dipimpin Dr Fathor Rakhman MPd beserta Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Masyarakat (Dikmas) H Abdur Rakhman MPd.

Upi Tisiana, menandaskan, kegiatan workshop paper games diyakini dapat meningkatkan penguasaan materi pelajaran, terutama bagi anak siswa TK. Sebab, imbuh Upi Tisiana, seiring dengan kemajuan era digitalisasi dan globalisasi saat ini, setiap guru dituntut untuk selalu mengetahui dan bahkan menguasai perkembangan dunia pendidikan secara digital. “Ini bagian dari pencapaian program tersebut,” kupas Upi Tisiana.

Susilowati Dwi Astutik, salah satu pengajar TK PGRI 1 Sumberkolak Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo menuturkan, kegiatan workshop bertema kreatifitas dengan paper games sangat menyenangkan dan sangat menarik untuk diterapkan kepada setiap anak didik. Senada dengan Susilowati, guru TK PGRI 14 Sumberalang Situbondo bernama Siti Maisaroh, mengungkapkan, kegiatan paper games dapat meningkatkan mutu pembelajaran. “Selain itu, paper games ini dapat meningkatkan kreativitas anak serta dapat memotivasi guru saat mendidik siswa,” pungkas Siti Maisaroh. [awi]