Apresiasi GTK Dedikatif Guru & Pengawas situbondo masuk tiga besar

Apresiasi GTK Dedikatif Guru & Pengawas situbondo masuk tiga besar

Apresiasi GTK Dedikatif Guru & Pengawas situbondo masuk tiga besar

Oleh Admin Web Dispendik | Kategori Bid. Pemb. Pendidik dan Tenaga Kependidikan | 03 November 2023 07:54:00

Apresiasi GTK dalam rangkaian Hari Guru Nasional 2023 membawa seorang guru SD dan seorang pengawas sekolah dari pelosok daerah di situbondo yaitu Sumbermalang membuktikan diri bahwa mereka layak diapresiasi.

Setelah terbitnya SK Tiga besar yang dikeluarkan oleh Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa Timur Nomor : 7715/B7.4/GT.00.02/2023 tentang Daftar Peringkat 3 besar Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inovatif dan dedikatif Provinsi Jawa Timur tahun 2023 muncul 2 nama yang masuk peringkat 3 besar. Keduanya adalah berasal dari Kec. Sumbermalang, Jawa Timur.

Mereka masing-masing memperoleh Posisi ke 2 untuk kategori GTK Dedikatif - Guru SD yang diraih oleh Salehudin, S.Pd.SD dari SDN 1 Sumberargo dan posisi ke-1 untuk Kategori GTK Dedikatif - Pengawas Sekolah Dikdas (TK,SD,SMP) yang diraih oleh Mohammad Haris, S.Pd.MM. Pengawas Sekolah Wilayah Kec. Sumbermalang

Keduanya terlihat semangat sejak awal diselenggarakannya Coaching clinic oleh BBGP Jawa Timur pada Oktober lalu. Melalui pesan whatsappnya saat diminta untuk menceritakan proses serta trik apa yang dapat dicontoh oleh guru lain dalam prestasinya, Salehudin menyampaikan :

Proses seleksi Apresiasi GTK 2023 kategori guru DEDIKATIF SD dimulai dari mendaftar web resmi Apresiasi GTK 2023 melengkapi semua data dan dokumen yang diminta, dilanjutkan dengan menguploud NASKAH dan Video Praktik baik, setelah semua selesai tinggal menunggu proses seleksi oleh tim juri yang di naungi oleh BBGP JATIM untuk menentukan 10 besar dan setelah masuk 10 besar maka kembali diseleksi oleh tim juri dengan tes wawancara, tes wawancara tersebut kegiatannya adalah pembekalan, dilanjut dengan mempresentasikan NASKAH dan Video yang telah diseleksi dan dilanjutkan sesi wawancara dari apa yang dipresentasikan. Dalam hal ini strategi pada proses awal saya adalah menyimak dan mengikuti seluruh arahan dari coach pada saat coaching clinic, dengan memperhatikan seluruh kisi-kisi dan aspek yang akan dinilai, bahkan yang menjadi nilai plus pada karya saya, setelah semua saya lakukan saya tinggal pasrah dan berdoa yang terbaik. Setelah masuk 10 besar trik saya juga sama memperhatikan dengan seksama poin-poin utama yang disampaikan pamateri pembekalan, untuk saya tuangkan dalam Power point dan Presentasi yang saya lakukan, pada sesi wawancara yang saya lakukan adalah memperhatikan dengan sungguh pertanyaan dewan juri untuk menangkap poin utama dari pertanyaan tersebut, agar jawaban yang saya berikan tidak melebar dan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh dewan juri.
Saya rasa hanya itu proses, trik dan tips dari pengalaman saya yang luar biasa ini

Dapat ditarik kesimpulan dari pernyataan yang bersangkutan trik untuk sukses dalam kegiatan semacam ini adalah memperhatikan dengan seksama dan menangkap poin-poin penting yang disampaikan sehingga dapat menghasilkan karya yang sesuai ketentuan.

Kami mengucapkan Selamat dan Sukses untuk Kedua peraih Apresiasi GTK DEDIKATIF yang telah membawa lembaganya pada khususnya serta Kab. Situbondo pada umumnya ke tingkat Jatim serta menjadi Guru dan Pengawas yang inspiratif dan berdedikasi tinggi. Teruslah semangat dalam mencerdaskan anak bangsa dan tetap menjadi Guru yang teladan serta berprestasi.

Semoga tips dan trik yang disampaikan dapat menjadi inspirasi oleh guru-guru lainnya yang akan mengikuti kegiatan serupa.


Leave a comment: