Apresiasi Perjuangan Dispendikbud Untuk Guru PAUD

Apresiasi Perjuangan Dispendikbud Untuk Guru PAUD

Apresiasi Perjuangan Dispendikbud Untuk Guru PAUD

Oleh Root Administrator | Kategori Bid. Pemb. Pendidik dan Tenaga Kependidikan | 21 Oktober 2020 08:10:54

DISPENDIKBUD- Perhatian Dinas Pendidikan Kabupaten Situbondo terhadap guru PAUD mendapat apresiasi dari masyarakat dan aktivis Kota Santri. Bagaimana tidak, berkat perjuangan dan kesungguhan pihak dinas, insentif guru PAUD sejak bulan Juli hingga Desember berhasil teranggarkan di Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD 2020.

Seperti yang diungkapkan Hafidi, salah satu pemuda di Situbondo. Menurut dia, anggaran yang bersumber dari dana hibah itu memang belun cair. "Namun setidaknya, sudah ada kepastian guru PAUD akan mendapatkan insentif tambahan. Dan saya yakin, guru PAUD akan merasa bangga dengan perhatian lebih dari pemerintah," jelasnya, 21 Oktober 2020.

Hal yang sama disampaikan oleh Ketua Himpaudi Situbondo, Inda Ayuli Nurtin. Dia menerangkan untuk semester pertama, sudah diterima. Perbulan, satu guru mendapatkan Rp 150 ribu. Berarti, total insentif yang diperoleh selama enam bulan, mencapai Rp 900 ribu.

“Tahun 2020, guru PAUD dan TK merasa betul-betul  dianggap ada. Bukan besarannya yang kami lihat, tapi perhatiannya. Insya Allah, semester II akan segera cair dalam waktu dekat,” jelas perempuan berjilbab yang tinggal di Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji tersebut.

Inda menerangkan, dari segi nominal, memang masih terlalu kecil. Akan tetapi, bagi guru PAUD dan TK, itu merupakan penghargaan luar biasa dari pemerintah daerah.

Sementara, menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo, Junaidi, insentif guru PAUD awalnya hanya dianggarkan enam bulan. Yakni dari Januari hingga Juli. Karena memang anggarannya kurang memadai. "Namun setelah ada masukan-masukan, kita coba perjuangkan agar enam bulan sisanya juga teranggarkan. Kita berusaha berpikir keras agar anggaran untuk guru PAUD bisa dialokasikan," tuturnya.

Kerja keras Dinas Pendidikan pun membuahkan hasil. Setelah melalui proses panjang, akhirnya insentif guru PAUD sejak bulan Juli hingga Desember benar-benar tercover. "Semoga saja insentif tersebut bisa bermanfaat untuk guru PAUD. Dan ke depan, kami akan terus berupaya agar tenaga pendidik di Situbondo lebih sejahtera. Agar mereka lebih semangat melaksanakan tugas," ucapnya. (*)