Bimtek E-Raport Diikuti Ratusan Guru dan Operator Dapodik

Bimtek E-Raport Diikuti Ratusan Guru dan Operator Dapodik

Bimtek E-Raport Diikuti Ratusan Guru dan Operator Dapodik

Oleh Root Administrator | Kategori Bid. Pemb. Pendidik dan Tenaga Kependidikan | 26 November 2020 08:39:44

 

DISPENDIK- Dinas Pendidikan Kabupaten Situbondo menyelenggarkan bimbingan teknis (Bimtek) pembuatan e-raport untuk siswa SD. Kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan operator dapodik dan guru kelas empat, lima dan enam dari masing-masing SD.

Kegiatan dilaksanakan selama lima hari. Dimulai sejak Senin 23 November hingga Jumat 27 November. Bertempat di aula Kampus STKIP Situbondo. Dengan peserta berjumlah sebanyak 336 orang.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Situbondo, Ahmad Junaidi, tujuan dilaksanakannya Bimtek tak lain untuk memberikan pemahaman kepada guru SD dan operator dapodik mengenai tata cara penggunaan aplikasi e-raport. Sehingga proses pelaporan hasil belajar bisa dilaksanakan secara daring.

"Karena memang, segala bentuk aktivitas di dunia pendidikan saat ini harus dilakukan secara daring. Guru dengan siswa tidak boleh saling bertatap muka. Sebab saat ini masih situasi pandemi," terangnya.

Lebih lanjut, kata Ahmad Junaidi, aplikasi e-raport sudah dimiliki oleh seluruh SD di Kabupaten Situbondo. Sehingga kemungkinan besar, pembagian raport secara konvensional sudah tidak dilaksanakan lagi. Khususnya di masa pandemi.

"Untuk versi e-raport yang digunakan adalah V-10. Aplikasi tersebut sudah terintegrasi dengan dapodik. Sehingga penggunaanya cukup mudah," tuturnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Seksi (Kasi) SD, Imam Sujoko menghimbau kepada para peserta Bimtek untuk memperhatikan pemaparan narasumber dengan baik. "Sehingga mereka benar-benar paham mengenai penggunaan aplikasi e raport. Serta bisa menularkan ilmunya kepada guru-guru lain," terangnya. (*)