Bupati Karna Tinjau Data Dapodik

Bupati Karna Tinjau Data Dapodik

Bupati Karna Tinjau Data Dapodik

Oleh Root Administrator | Kategori Sekretariat | 11 Oktober 2021 11:23:00

DISDIKBUD SITUBONDO – Bupati Situbondo, Drs Karna Suswandi datang ke Dinas Pendidikan Kabupaten Situbondo, 11 Oktober 2021. Orang nomor satu di Pemkab Situbondo ini meninjau ruang data pokok pendidikan ‘dapodik’.

Data penting tersebut, terpampang di layar LCD 3 x 6 meter. Dari tempat tersebut bisa dilakukan pengawasan seluruh kegiatan belajar se-Situbondo. Bupati Karna hadir bersama Kepala Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM), Dr Fathor Rakhman diterima Plt Kadis Pendidikan, Siti Aisiyah dan Kabid PTK, Andi Yulian Haryanto.

PLt Kadispendik, Siti Aisiyah, menerangkan, data dapodik merupakan bukti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo tidak main-main dalam mengelola data dunia pendidikan di Kota Santri. “Makanya, untuk kepentingan ini, kita menyiapkan ‘rumah’ khusus yang diberi nama data pokok pendidikan ‘dapodik’,” terangnya.

Perangkat IT (informasi teknologi) ini mampu menampung data kepegawaian, pembelajaran, keuangan hingga sarana-prasarana. Selain itu, juga bisa diintegrasikan dengan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Misalnya, Kominfo dan Persandian, Badan Kepegawaian Daerah, Badan Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah, Dispenduk, Bappeda serta Dinas Kesehatan.

Tak hanya itu, keberadaan fasilitas ini juga bisa digunakan untuk melakukan fungsi monitoring terhadap kegiatan belajar mengajar di setiap UPTD dan sekolah di seluruh Kabupaten Situbondo. Sebab, ada CCTV yang terkoneksi dengan tempat-tempat tersebut. Yang istimewa, semua data tersebut dapat diakses di layar LCD sebesar 6 x 3 meter.

Data dapodik tersebut, kata Siti Aisiyah, terintegrasi dalam sistem informasi terpadu. Sehingga, diharapkan dapat mempercepat pencapaian target kinerja pendidikan dalam segala bidang. Baik peningkatan mutu Sumber Daya Manusia maupun fasilitas-fasilitas pendidikan lainnya. (*)


Leave a comment: