Dua Siswa SMP Panji Berprestasi di Masa Pandemi

Dua Siswa SMP Panji Berprestasi di Masa Pandemi

Dua Siswa SMP Panji Berprestasi di Masa Pandemi

Oleh Root Administrator | Kategori Bid. Pembinaan Pendidikan Dasar | 24 Oktober 2020 08:12:39

DISPENDIKBUD- SMPN 1 Panji mengukir prestasi di masa pandemi Covid-19. Pada lomba desain batik dan fashion batik, siswa SMP negeri yang beralamat di Jalan Basuki Rahmat itu sukses menyabet juara. Menariknya, di dua jenis perlombaan tersebut, terbaik 1 diborong siswa SMPN 1 Panji.

Juara 1 desain batik diraih Nanda Naylu Annisa Alawiyah, putri ustad Adi Alwi. Sedangkan terbaik satu lomba fashion batik disabet Nanda Siti Hanifah, putri dari Sansul Faidi. Perlombaan ini dilaksanakan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Situbondo.

Munawar, Kepala SMPN 1 Panji mengatakan, dirinya sangat bersyukur atas prestasi yang diraih kedua siswinya. Menurutnya, prestasi di tengah Pandemi Covid-19 merupakan raihan prestisius. "Banyak aktivitas dihentikan, tetapi urusan prestasi tidak boleh berhenti. Alhamdulillah, kami bisa mempertahankan prestasi di tengah pandemi," ujarnya, 29 Oktober 2020.

Munawar menambahkan, raihan prestasi itu tidak lepas dari pembinaan yang dberikan kedua guru seni budaya SMPN 1 Panji. Yaitu Anik Prasetyowati dan Puji Purnomo. "Saya juga berterima kasih kepada kedua guru pembina. Mereka sudah memberikan pembinaan secara profesional," imbuhnya.

Munawar mengaku, di masa pandemi, kegiatan belajar mengajar di SMPN 1 Panji dilaksanakan secara daring. Sedangkan kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan bakat dan potensi siswa tetap dilakukan. Misalnya ketika siswa  mengikuti Kompetisi Siswa Nasional (KSN), maupun lomba desain batik dan fashion batik.

"Pembinaannya dilaksanakan secara  privat di rumah siswa. Sekali waktu di sekolah di luar jam pelajaran, sehingga tidak mengganggu aktivitas belajar mengajar," katanya.

Munawar mengatakan, SMPN 1 Panji sudah akrab dengan prestasi. Ini sesuai dengan visi sekolah, yaitu Cemerlang (Cerdas, Maju, Etis, Religius, Excellent, Lingkungan Asri, Nyaman, dan Gotong royong).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud), Ahmad Djunaidi mengaku bangga dengan kedua siswa SMPN 1 Panji  yang menyabet kejuaraan di lomba desain dan fashion batik. Dia berharap, ke depan lebih banyak lagi prestasi yang diraih. "SMPN 1 Panji menunjukkan, bahwa proses mendidik dan membimbing anak-anak agar bakat dan potensinya tetap berkembang, terus dilaksanakan dengan profesional," ujarnya. (*)