Guru PAUD dan TK Terima Insentif Bulanan Setahun Penuh

Guru PAUD dan TK Terima Insentif Bulanan Setahun Penuh

Guru PAUD dan TK Terima Insentif Bulanan Setahun Penuh

Oleh Root Administrator | Kategori Bid. Pembinaan Paud dan Dikmas | 18 Agustus 2020 14:31:30

 DISPENDIKBUD– Guru PAUD dan TK merasa mendapatkan perhatian lebih dari Pemkab Situbondo tahun ini. Sebab, untuk pertama kalinya, mereka mendapatkan insentif selama 12 bulan tanpa potong pajak.
    Ketua Himpaudi Situbondo, Inda Ayuli Nurtin menerangkan, untuk semester pertama, sudah diterima. Per bulan, satu guru mendapatkan Rp 150 ribu. Berarti, total insentif yang diperoleh selama enam bulan, mencapai Rp 900 ribu. “Tahun 2020, guru PAUD dan TK merasa betul-betul  dianggap ada. Insya Allah, semester II akan segera cair dalam waktu dekat,” jelasnya.
Inda menerangkan, dari segi nominal, memang masih terlalu kecil. Akan tetapi, bagi guru PAUD dan TK, itu merupakan penghargaan luar biasa dari pemerintah daerah. “Bukan besarannya yang kami lihat, tapi perhatiannya. Terimakasih bapak bupati, khususnya bapak wakil bupati, Ir. H. Yoyok Mulyadi,” ujar Inda. 
Iya, insentif tersebut tidak lepas dari kontribusi besar Yoyok Mulyadi dan Dinas Pendidikan. Inda mengatakan, dia tahu betul, bagaimana Wabup Yoyok memperjuangkan insentif tersebut. “Sudah bukan janji, tapi sudah kami buktikan. Insentif yang dijanjikan sudah kami terima,” jelasnya.
Inda menceritakan, awal tahun 2020 lalu, Yoyok begitu getol memperjuangkan insentif bagi guru PAUD. Misalnya, ketika pelaksanaan workshop guru kreatif (WGK) pada Februari 2020. “Saat memberikan sambutan itu, Bapak Wabup di atas podium meminta kepada Kepala Dinas Pendidikan di lokasi acara untuk melakukan pendataan guru PAUD, agar segera mendapatkan insentif bulanan seluruhnya,” kata Inda.
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) pun,  menindaklanjutinya dengan melakukan pendataan. Kemudian, langsung dilakukan proses pengajuan. “Tidak sampai satu bulan, kami dapat kabar kalau usulan sudah disetujui,” katanya. 
Guru PAUD dan TK yang mendapatkan insentif, hanya yang terdata di data pokok pendidikan (Dapodik). Inda mengaku, jumlah guru paud tercover di dapodik sebanyak 1094. Sedangkan pengajar TK 734 orang. “Total yang tercover dapodik sekitar 1.800an guru, dan semuanya dapat insentif,” pungkasnya. (*)