Guru Standby 24 Jam Layani Proses Belajar Secara Online.

Guru Standby 24 Jam Layani Proses Belajar Secara Online.

Guru Standby 24 Jam Layani Proses Belajar Secara Online.

Oleh Root Administrator | Kategori Bid. Pembinaan Pendidikan Dasar | 04 Februari 2021 08:12:00

DISPENDIKBUD SITUBONDO – Selama masa pandemi Covid 19, layanan pendidikan kepada peserta didik menemui tantangan serius.  Seperti pembelajaran daring yang mengalami sejumlah kendala karena persoalan yang cukup kompleks. Keadaan ini hampir terjadi di semua wilayah.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Negeri, Agus Triono menjelaskan, banyak pengaduan yang diterima MKKS selama pembelajaran daring. Misalnya, signal internet yang tidak stabil. Ini biasanya terjadi di wilayah-wilayah pelosok.

Demikian juga masalah ketersidaan kuota internet dan perangkat smart phone. Untuk siswa dengan latar belakang ekonomi lemah, tentu memenuhi keadaan tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

“Belum lagi kalau kita bicara efektifitas pembelajaran. Apakah siswa bisa menerima dengan baik semua materi yang disampaikan oleh guru?” terang pria yang tinggal di Jalan Anggrek tersebut, 04 Februari 2021.

Sehingga, lanjut Agus, guru terkadang standby 24 jam melayani proses belajar secara online. Kendala juga ditemui dalam pengembangan SDM dan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan. 

“Tidak seleluasa seperti kondisi normal. Karena itu, menuntut upaya-upaya kreatif,  bijak dan terpadu dari beberapa unsur. Makanya, MKKS SMP terpanggil mengawal dan menangani persoalan-persoalan pendidikan sesuai dengan kapasitas dan kewenangan kami,” pungkas Agus Triono. (*)


Leave a comment: