Kadispendik Apresiasi SDIT Nurul Anshar Pembelajaran Online Pakai Aplikasi E-Rina

Kadispendik Apresiasi SDIT Nurul Anshar Pembelajaran Online Pakai Aplikasi E-Rina

Kadispendik Apresiasi SDIT Nurul Anshar Pembelajaran Online Pakai Aplikasi E-Rina

Oleh Root Administrator | Kategori Bid. Pembinaan Pendidikan Dasar | 16 Juli 2020 14:23:47

DISPENDIKBUD–  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Ahmad Djunaedi mengapresiasi pembelajaran dari rumah di SDIT Nurul Anshar tidak menjadi kendala. Sebab, lembaga pendidikan dasar yang berlokasi di Jalan Ijen itu, sudah punya perangkat aplikasi yang digunakan untuk pembelajaran berbasis online tersebut.
    Menurut Djuanedi, pertemuan tatap muka saat ini menjadi hal yang sangat mahal harganya. Sebab, terkendala pandemi Covid 19. “Makanya jika ada lembaga pendidikan yang mampu menyelenggarakan proses pendidikan secara online kita tentu sangat mengapresiasi, karena tidak semua lembaga mampu melakukan ini,” terang paparnya.
    Kepala SDIT Nurul Anshar, Sutipyo, S.Pd, M.Pd mengatakan, aplikasi yang digunakan bernama E-Rina atau Elektronik Ruang Ilmu Nurul Anshar kerjasama dengan Google. Dia mengatakan, aplikasi itu pengembangan dari Computer Based Tes (CBT) yang sudah lama digunakan. “E-Rina sama dengan ruang guru dan rumah belajar,” katanya.
    Melalui E-Rina, guru kelas dan guru mata pelajaran mengaplod video-video pembelajaran. Itu kemudian dikirim ke tim IT untuk lanjutkan ke siswa. “Ada rangkuman materi juga. Jadi, kami tidak kesulitan belajar dari rumah,” ujar Sutipyo.
Untuk CBT, sudah digunakan dua tahun lalu di SDIT Nurul Anshar. Sutipyo menerangkan, saat ini manfaatnya benar-benar dirasakan. Sebab, selama pembelajaran dari rumah, semua siswa bisa menerima materi dengan baik. “Ketika kemarin ujian dihapus, kita melaksanakan ujian dan melaksanakan penilian akhir tahun,” ujarnya.
Sebelum pelaksanaan ujian dan penilaian akhir tahun, SDM sudah mendapatkan pelatihan. Sutipyo menerangkan, pihaknya melaksanakan workshop pembuatan soal. “Agar menguasai teknis membuat soal yang baik dan benar,” ujarnya.
Di samping itu, kegiatan-kegiatan ubudiyah juga tetap terlaksana dengan baik. Sutipyo mengatakan, kegiatan ini dilakukan melalui zoom meeting. “Siswa dipantau langsung via video call,” pungkasnya.
Salah satu wali murid SDIT Nurul Anshar, Laily Abida, M. Psi bersyukur sekolah bisa memberikan transfer keilmuan secara maksimal. Sebab, adanya aplikasi E-Rina sangat memudahkan siswa. “Bedanya, porsi pendampingan orang tua lebih besar dibanding sebelumnya,” ujarnya. (*)