Kadispendik Minta Pengurus Baru MKKS SMP Akomodatif dan Adaptif

Kadispendik Minta Pengurus Baru MKKS SMP Akomodatif dan Adaptif

Kadispendik Minta Pengurus Baru MKKS SMP Akomodatif dan Adaptif

Oleh Root Administrator | Kategori Bid. Pembinaan Pendidikan Dasar | 04 Februari 2021 13:12:00

DISPENDIKBUD SITUBONDO– Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SPM Negeri eriode 2021-2024 telah dikukuhkan, 04 Februari 2021. Kepengurusan baru tersebut diharapkan menjadi penggerak efektifitas pelaksanaan pembelajaran di tengah pandemi.

                Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Situbondo, Ahmad Junaidi mengatakan, untuk bisa menjalankan fungsi itu, pengurus MKKS SMP diminta akomodatif dan adaptif terhadap perkembangan keadaan. “Terutama dalam proses belajar mengajar,” katanya.

Menurut Junaidi, dalam pelaksanaan pembelajaran selama masa pandemi, membutuhkan kreativitas dari guru. Apalagi, pembelajaran tatap muka baru dimulai. Ketika ada kendala, MKKS bisa repsonsif. “Konsolidasikan dengan anggota, sehingga masing-masing lembaga dapat melaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Jajaran pengurus MKKS terdiri dari para kepala sekolah. Menurut Junaidi, ini akan memudahkan konsolidasi antar lembaga. Karena itu, dia berpesan agar semua hal yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaraan, agar dikonsolidasikan. “Sehingga kekurangan diantisipasi untuk dicarikan jalan keluar,” pungkasnya.

Ketua MKKS SMP Negeri, Agus Triono mengatakan, komunikasi, konsultasi dan kerjasama kepala sekolah akan terus digoptimalkan dalam rangka layanan dan prestasi pendidikan. Untuk kepentingan itu, ada beberapa hal yang akan dikerjakan.

Di antaranya, memperluas wawasan pengetahuan dan kepemimpinan kepala sekolah. Ini untuk membangun efektifitas manajemen berbasis sekolah (MBS). MKKS SMPN juga akan meningkatkan mutu dengan meningkatkan kinerja kepala sekolah, serta mengembangkan budaya belajar ramah, sehat, asri dan menyenangkan bagi anak didik. “Dalam peningkatan mutu, kita juga akan meningkatkan peran serta masyarakat dan semua stakeholder,” kata Agus Triono.

Pria yang juga Kepala SPMN 4 Situbondo itu menambahkan, secara khusus, ada empat bidang yang ditangani MKKS SMP Negeri. Yaitu pengembangan SDM dan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan, bidang pembinaan kesiswaan, bidang pengembangan kewirausahaan, serta bidang informasi dan humas.

MKKS SMP Negeri periode sebelumnya diketuai Mohamad Arif. Dalam proses musyawarah pemilihan kepengurusan baru, dia tidak bersedia dipilih lagi. Setelah melalui proses permusyawaratan demokratis tanggal 13 Januari lalu, terpilih Agus Triono sebagai Ketua MKKS SMP Negeri periode 2021-2024.(*)


Leave a comment: