Penyusunan Naskah Soal Libatkan Guru Mapel SMP Negeri dan Swasta

Penyusunan Naskah Soal Libatkan Guru Mapel SMP Negeri dan Swasta

Penyusunan Naskah Soal Libatkan Guru Mapel SMP Negeri dan Swasta

Oleh Root Administrator | Kategori Bid. Pembinaan Pendidikan Dasar | 19 November 2020 08:29:13

DISPENDIKBUD- Kisi-kisi dan naskah soal untuk penilaian akhir semester (PAS) ganjil jenjang SMP sudah selesai disusun. Selanjutnya, materi semester yang akan diujikan untuk masing-masing mata pelajaran (mapel) itu, tinggal digandakan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Situbondo, Djunaedi mengatakan, tidak ada kendala dalam proses penyusunan naskah soal. "Alhamdulillah, selesai sesaui agenda," terangnya, 18 November 2020.

Penyusunan naskah soal melibatkan guru mapel SMP negeri dan swasta. Tim penyusun merupakan guru yang sudah tidak diragukan kemampuannya dalam menyusun soal semester. "Mereka adalah guru-guru pilihan," katanya.

Djunaedi mengatakan, penyusunan naskah soal melewati tahapan cukup panjang. Setelah selesai disusun, dibentuk tim validasi. Mereka memvalidasi, apakah soal sudah sesuai dengan materi yang diajarkan di sekolah. "Apakah sesuai dengan kurikulum atau tidak," ujarnya.

Ada sebelas mapel yang disusun naskah soalnya. Djunaedi menjelaskan, dari seluruhnya empat mapel digandakan menggunakan anggaran daerah. Yaitu IPA, Matematika, Bahasa Ingggris dan Bahasa Indonesia.

"Karena dana sharing APBD hanya cukup untuk empat mapel itu. Sedangkan mapel yang lain, digandakan oleh masing-masing lembaga. Baik itu SMP swasta maupun negeri," jelas Djunaedi

Semester ganjil SMP akan dilaksankan pada akhir bulan ini. Sesuai jadwal, PAS dimulai tanggal 30 November mendatang. Sehingga satu pekan ke depan, diperkirakan seluruh naskah soal sudah selesai digandakan. (*)