Rakortek Pelaksanaan Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 9

Rakortek Pelaksanaan Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 9

Rakortek Pelaksanaan Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 9

Oleh Admin Web Dispendik | Kategori Bid. Pemb. Pendidik dan Tenaga Kependidikan | 25 Agustus 2023 12:22:00

Balai Besar Guru Penggerak (BBGP Jatim) telah melaksanakan Rapat Koordinasi Teknis tentang pelaksanaan PGP Angkatan ke 9 yang dilaksanakan di The Singashari Resort Batu, Jawa Timur pada 22 - 24 Agustus 2023.

Kegiatan yang dihadiri oleh peserta yang berasal dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur beserta 24 Cabang Dinas Pendidikan se Jawa Timur dan juga dari 39 Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se Jawa Timur, diantaranya adalah Penjab dan Operator data yang meng-handle kegiatan PGP.

Pada PGP Angkatan ke 9 ini ada dua jenis CGP antara lain CGP Reguler dan juga CGP Rekognisi. Untuk Reguler adalah peserta yang berasal dari guru yang belum pernah ikut program guru penggerak. Sedangkan CGP Rekognisi adalah peserta yang berasal dari Pengajar Praktik ataupun Kepala Sekolah yang belum memiliki NRKS dan memenuhi persyaratan.

Untuk PGP Angkatan 9 ini Lokakarya orientasi/Lokakarya ke-0 akan dilaksanakan secara daring (Online) dan Lokakarya ke-1 akan dilaksanakan luring (offline) yang direncanakan akan dilaksanakan 16/17 September 2023 mendatang. "Metode pembiayaan maupun pelaksanaannya masih sama seperti lokakarya pada angkatan-angkatan sebelumnya", jelas Kapokja Guru Penggerak dari BBGP Jatim.

Kabupaten Situbondo sendiri mendapatkan CGP Reguler sebanyak 53 orang yang berasal dari guru TK, SD, SMP, SMA/SMK dan CGP Rekognisi sebanyak 2 orang yang berasal dari TK dan SD yang sudah pernah menjadi Pengajar Praktik. Dalam pelaksanaannya, CGP Rekognisi tidak perlu melaksanakan Pendampingan Individu dan Lokakarya seperti pada CGP Reguler.

Diharapkan para Guru Penggerak kedepannya dapat menjawab kebutuhan Kepala Sekolah maupun Pengawas Sekolah di Jenjang Dikdas yang jumlahnya sangat kurang.

Best regards,
D.R.P


Leave a comment: