Sekolah Diminta Mulai Persiapkan UN

Sekolah Diminta Mulai Persiapkan UN

Sekolah Diminta Mulai Persiapkan UN

Oleh Root Administrator | Kategori Bid. Pembinaan Pendidikan Dasar | 03 Februari 2020 13:57:59

DISPENDIKBUD– Lembaga pendidikan jenjang SMP/MTs sudah harus mempersiapkan pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Sebab, sekolah-sekolah yang ada di Situbondo tidak melakasanakan ujian berbasis kertas. Akan tetapi memakai komputer. 
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Situbondo, Achmad Djunaidi mengatakan, UN jenjang SMP dan sederajat akan dilaksanakan pada Bulan April. Akan tetapi, mulai sekarang seharusnya sudah dipersiapkan. “Jadi, sekolah-sekolah sudah saya minta agar persiapannya dimatangkan,” ujarnya, 27 Februari 2020.
Dia menjelaskan, untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Seperti fasilitas komputer dan jaringan internetnya. “Semua hal yang berkaitan dengan UN. Termasuk mempersiapkan personelnya yang akan dilibatkan dalam pelaksanaan ujian nasional ,” kata Djunaidi.
Bila perlu, lembaga-lembaga pendidikan mulai berkoordinasi dengan instansi terkait. Misalnya dengan PLN atau penyedia jaringan internet. “Untuk tenaga IT di Dispendikbud, saya kira sudah tidak ada masalah,” terangnya.
Pesan ini disampaikan Djunaidi pada rapat (rakor) koordinasi persiapan pelaksanaan UN. Rakor dihadiri para kepala sekolah SMP/MTs negeri dan swasta se Kabupaten Situbondo, serta Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) kejar paket. “Dalam rakor ini, dimatangkan persiapan hal-hal yang berkaitan dengan UN,” katanya.
Dia berharap, pelaksanaan UNBK di Situbondo nanti berjalan dengan lancar. Kendala-kendala teknis agar mulai diantisipasi. “Kesuksesan dan kelancaran ujian nasional menjadi harapan kita semua,” pungkasnya. (*)