Siswa Kenali MPLS Lewat Meeting Zoom

Siswa Kenali MPLS Lewat Meeting Zoom

Siswa Kenali MPLS Lewat Meeting Zoom

Oleh Root Administrator | Kategori Bid. Pembinaan Pendidikan Dasar | 08 Juli 2021 09:34:00

 

DISDIKBUD SITUBONDO - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)  pada siswa baru diberlakukan secara daring atau online. Kebijakan ini mengacu kepada Surat Edaran (SE) Bupati Situbondo.

Di masa Pandemi Covid 19, bagi semua Satuan Pendidikan (SP) diminta untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran yang disampaikan melalui pembelajaran jarak jauh. Baik aspek  kualitas guru, tenaga kependidikan, bahan ajar dan metode pembelajaran.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Djunaedi menerangkan, kebijakan PPKM darurat yang berlaku di Situbondo, antara lain tidak mengijinkan sekolah melakukan pembelajaran tatap muka. "Sehingga kegiatan MPLS tersebut, guru hanya bisa memaparkan lingkungan sekolah atau struktur organisasi lainya kepada siswa melalui aplikasi zoom yang di sediakan lembaga setempat," ujarnya, 08 Juli 2021.

Menurut Djunadi, tak hanya itu, semua satuan pendidikan juga diminta menjalin komunikasi secara aktif dengan orang tua atau wali siswa. Agar melakukan pendampingan terhadap putera-puteri saat mengikuti pembelajaran jarak jauh.

Masih kata Kadisdikbud, Semua lembaga yang ada di Situbondo, diharuskan melakukan MPLS secara daring. Tentu hal ini menjadi perhatikan serius kepala sekolah. “Harapannya ada konsentrasi dan daya serap dari siswa terhadap materi pembelajaran yang diterima sehingga hasilnya lebih optimal,” papar mantan Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi ini.

Salah satu contoh, MPLS online yang dilaksanakan di SMPN 1 Situbondo yaitu melalui zoom atau video pendek. Tujuannya adalah, agar siswa baru tidak terbebani kuota. “Intinya materi akan dititikberatkan pada pengenalan pembelajaran daring kepada siswa baru,” ungkap kepala SMPN 1 Situbondo, Tatik Krisnawati. (*).


Leave a comment: