Siswa-Siswi SMPN 4 Situbondo Antusias Ikuti Vaksinasi di Sekolah

Siswa-Siswi SMPN 4 Situbondo Antusias Ikuti Vaksinasi di Sekolah

Siswa-Siswi SMPN 4 Situbondo Antusias Ikuti Vaksinasi di Sekolah

Oleh Root Administrator | Kategori Bid. Pembinaan Pendidikan Dasar | 27 September 2021 13:42:00

meninjau kegiatan vaksinasi, kemarin.

DISDIKBU  SITUBONDO - Vaksinasi untuk siswa SMPN 4 Situbondo terus digencarkan. Tujuannya untuk mengantisipasi penyebaran covid 19 di kalangan siswa. Langkah ini sekaligus dalam rangka mempercepat capaian vaksinasi di Kabupaten Situbondo.

Vaksinasi untuk siswa digelar di Aula SMPN 4 Situbondo, Senin 27 September 2021.  Kegiatan ini di ikuti oleh ratusan siswa, seiring dengan dimulainya pembelajaran tatap muka (PTM). Kepala SMPN 4 Situbondo, Agus Triono mengatakan, kegiatan vaksinasi dilaksanakan di sekolah, bertujuan untuk mempercepat vaksinasi pelajar dalam rangka membentuk herd immunity.

Dengan demikian, siswa-siswi SMPN 4 Situbondo dapat melaksanakan berbagai kegiatan di sekolah dengan aman dan nyaman. “Dari empat ratus lebih, siswa yang sudah divaksin sebanyak 248 orang. Baik vaksin tahap pertama maupun vaksin tahap kedua, atau sekitar 53 persen,” terang Agus.

Pria berkacamata itu menerangkan, jika ingin pembelajaran tatap muka (PTM) dan kegiatan ekstrakurikuler berjalan maksimal, maka semua siswa-siswi harus melakukan vaksinasi. Sebab, kegiatan ekstrakurikuler merupakan bagian dari pembelajaran praktek. Tentu hal ini harus dilakukan dengan tatap muka. “Kegiatan praktek, seperti pembinaan karakter, olahraga, kegiatan kunjungan industry, atau kegiatan yang bersentuhan langsung, maka tidak bisa terlaksana dengan baik, jika dilaksanakan secara daring,” beber Agus.

Pria yang juga menjabat Ketua MKKS SMP Negeri itu menyampaikan, dengan adanya vaksinasi diharapkan siswa-siswi selanjutnya bisa berinteraksi seperti sediakala. Bakat siswa dapat tersalurkan dengan baik, dan prestasinya akan lebih meningkat. "Harapannya peran orang tua terus mendukung anak-anaknya melakukan vaksinasi. Sehingga, partisipasi  siswa bisa lebih meningkat. Selain itu, juga bisa ditularkan kepada teman-teman yang lain," imbuhnya.

Susiana, orang tua dari Raka Maulana, siswa SMPN 4 Situbondo, mengatakan, dirinya sepakat anaknya untuk divaksin agar kekebalan tubuhnya terjaga. Di samping itu, juga dibutuhkan untuk menghadapi pembelajaran tatap muka (PTM). "Anak saya usianya masih 12 tahun, makanya saya dampingi saat anak mengikuti vaksinasi, dan saya berharap orang tua siswa lainnya juga mengajak anaknya  untuk divaksin" tuturnya.

Salah seorang siswa, Raka Maulana mengaku, sebenarnya dirinya takut divaksin. Namun, akhirnya memberanikan diri untuk mengikuti vaksinasi agar bisa mengikuti kegiatan pembelajaran tatap muka dengan maksimal. “Karena vaksin itu untuk mencegah penularan Virus Corona, senang rasanya setelah mengikuti vaksinasi,” ungkap Raka.

Camat Situbondo, Quratul Aini mengapresiasi kegiatan vaksinasi yang dilakukan di sekolah-sekolah yang cukup bagus. Capaian vaksinasi meningkat signifikan. Tentu ini berkat dukungan dan sinergitas dari semua lini yang ada. “Alhamdulilah, dalam minggu ini sudah ada peningkatan signifikan. Namun kami masih butuh dukungan dari semua lini yang ada untuk pempercepat vaksinasi di Kabupaten Situbondo,” pungkasnya. (tim)


Leave a comment: