Tampilkan Potensi Seni dan Budaya di FKPU

Tampilkan Potensi Seni dan Budaya di FKPU

Tampilkan Potensi Seni dan Budaya di FKPU

Oleh Root Administrator | Kategori Bid. Kebudayaan | 12 November 2020 08:15:55

DISPENDIKBUD– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Situbondo terus mengembangkan potensi seni dan budaya yang ada. Yaitu dengan cara menampilkan kesenian dan kebudayaan Kota Santri.

                Seperti penampilan di Wisata Kampung Kerapu, 13 November 2020. Melalui kegiatan Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU), ditampilkan sejumlah kebudayaan, tradisi, dan seni khas Situbondo. Misalnya, ada pertunjukan budaya Ojhung dan Tari Landhung.

                Kepala Disendikbud Situbondo, Ahmad Junaidi mengatakan, ada banyak potensi seni dan budaya yang perlu dikembangkan. Melalui acara FKPU, tujuan pemerintah daerah bisa tercapai. “Kita menginginkan, kekayan seni dan budaya yang ada tetap lestari,” katanya, 13 November 2020.

                Junaidi menambahkan, ada beberapa upaya dari pemerintah daerah dalam pengembangan seni dan budaya. Salah satunya, dengan menggelar even-even perlombaan seni-budaya di tingkat SMP dan SD. “Kemudian, potensi seni dan budaya yang ada di tengah-tengah masyarakat, terus digali,” jelasnya.

                Sedangkan FKPU merupakan kegiatan rutin Dispendikbud. Dia mengaku, even itu terselenggara atas sinergisitas dengan Pemprov Jatim. “Anggota FKPU seluruh kabupaten/kota yang punya pantai utara,” terang Junaidi.

                Pada pelaksanaan tahun ini, pemerintah melakukan pembatasan-pembatasan. Pesertanya dibatasi karena masih di tengah pandemi Covid-19. “Kalau tahun lalu, ada arak-arakan. Lebih meriah. Sedangkan sekarang ini, kita menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

       Kabid Kebudayaan Dispendikbud, Abdur Rakhman menambahkan, penampilan seni dan budaya di acara FKPU kemarin dilakukan pengambilan video oleh tim Pemprov Jatim. Pada tanggal 18-20 November mendatang, akan ditampilkan bersama dengan kabupaten/kota lain di tingkat provinsi.

“Selain menampilkan kesenian Kabupaten Situbondo, hari ini juga mengenalkan dan mempromosikan produk unggulan lokal kita. Seperti mengenalkan batik, kopi, mangga, dan rengginang,” pungkas Abdur Rakhman. (*)