Tenampilkan Produk Satuan Pendidikan di Pameran HAI

Tenampilkan Produk Satuan Pendidikan di Pameran HAI

Tenampilkan Produk Satuan Pendidikan di Pameran HAI

Oleh Root Administrator | Kategori Bid. Pembinaan Paud dan Dikmas | 17 November 2020 08:17:00

 

DISPENDIKBUD– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kabupaten Situbondo berpartisipasi pada pameran Hari Aksara Internasional (HAI), belum lama ini. Peringatan HAI Provinsi Jatim dilaksanakan di Surabaya mulai tanggal 12 November lalu.

                Kepala Dispendikbud Situbondo, Ahmad Junaedi mengatakan, dalam pameran HAI, Kabupaten Situbondo menampilkan sejumlah produk satuan pendidikan, serta informasi terkait penyelanggaran pendidikan keaksaraan. “Ini bentuk partisipasi kami,” jelasnya.

Dia mengatakan, kebetulan, di sela-sela pameran, ada kunjungan Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak bersama istri. Junaidi mengatakan, Wagub mengapresiasi sejumlah program keaksaraan di Situbondo. “Ketika berkunjung ke stand Situbondo, saya memberikan cinderamata,” jelasnya.

Junaidi mengatakan, program keaksaaraan di Situbondo berdampak terhadap penurunan angka buta aksara. Pada tahun 2020, angka buta aksara sebesar 16.111. Dengan rincian, 8.430 laki-laki dan sebanyak 7.681 perempuan. Sedangkan pada tahun 2019, tercatat 20.711 orang.

Menurutnya, penurunan tersebut tidak lepas dari program pembelajaran keaksaraan fungsional (KF) atau pendidikan keaksaraan. Dia menerangkan, sejak tahun 2018 lalu, program ini digalakkan di seluruh desa. “Semacam kelompok belajar. Mereka diajari baca tulis dan menghitung,” jelasnya. (*)