Tim Beranggotakan 55 Orang Mulai Susun Kisi-Kisi dan Naskah Soal Semester Ganjil SMP

Tim Beranggotakan 55 Orang Mulai Susun Kisi-Kisi dan Naskah Soal Semester Ganjil SMP

Tim Beranggotakan 55 Orang Mulai Susun Kisi-Kisi dan Naskah Soal Semester Ganjil SMP

Oleh Root Administrator | Kategori Bid. Pembinaan Pendidikan Dasar | 30 Oktober 2020 08:13:33

DISPENDIKBUD– Kisi-kisi dan naskah soal untuk penilaian akhir semester (PAS) ganjil saat ini dalam tahap penyusunan. Tim penyusun terdiri dari guru mata pelajaran (mapel) SMP negeri dan swasta sebanyak 55 orang.

         Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kabupaten Situbondo, Ahmad Junaidi mengatakan, kemampuan tim dalam membuat naskah soal sudah tidak perlu diragukan. Mereka sudah kompeten. “Sudah dijamin kapabelitasnya,” jelasnya, 05 November 2020.

Junaidi menerangkan, kisi-kisi dan naskah soal ini diperuntukkan bagi siswa kelas VII, VIII, dan Kelas IX SMP negeri dan swasta. Hanya, yang menjadi persoalan saat ini tentang teknis pelaksanaan semester. Junaidi mengatakan, masih belum ditentukan, apakah akan digelar secara langsung atau berbasis daring. “Kalau daring, obyektifitas evaluasi diragukan. Kalau Luring, kita dihadapkan persoalan pandemi Covid-19,” ujarnya.

Untuk penentuannya, Dispendikbud akan membahas dengan satgas Covid-19. Tetapi, Disendikbud akan berupaya bisa melaksanakan semester tatap muka. “Kalau diizinkan luring, berarti semua sekolah melaksanakan secara langsung. Meskipun sekolah itu beradaa di zona merah,” pungkas Junaidi.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Negeri, Muhammad Arif menerangkan, saat ini tahapannya masih penyusunan kisi-kisi. Kemudian, pada tanggal 09 November nanti, dilanjutkan pembuatan naskah soal. “Tanggal 12 November verifikasi dari hasil kerja tim untuk dapat menghasilkan soal dan kisi-kisi,” jelasnya.

Tim akan menyusun kisi-kisi dan naskah soal untuk 10 mapel. Arif Menerangkan, di SMP sebenarnya ada sebelas mata pelajaran. “Tetapi khusus naskah soal mapel Bahasa Madura dibuat sekolah masing-masing,” katanya.

Kasie Pembinaan SMP dan Layanan Khusus Dispendikbud, Hari Subagiyo menambahkan, di samping guru mapel MGMP SMP negeri dan swasta, pembuatan naskah soal juga melibatkan kepala sekolah. “Sebab, dalam struktur MGMP, ada kepala sekolah sebagai pembina,” jelasnya.

Tim akan menyusun kisi-kisi naskah utama dan cadangan. Dari sini, akan terbentuk naskah pilihan ganda dan uraian. Hari menerangkan, ujian semester kemungkinan dilaksanakan akhir November nanti. “Kami berharap, kegiatan saat ini berjalan lancar,” katanya. (*)